cara merawat aki basah

Cara Merawat Aki Basah dan Kering Agar Awet Tahan Lama

Diposting pada 408 views

Cara merawat aki basah ini sangat penting lho, soalnya jika kamu tidak memperhatikan aki basah yang kamu pakai pasti akinya akan cepat rusak bahkan mati.

Memang aki basah lebih awet dan tahan lama daripada aki kering (accu MF) yang kalu soak atau rusak harus segera menggantinya. Maka dari itu, meskipun aki basah lebih awet, kita harus tetap merawatnya agar lebih tahan lama dengan panduan cara merawat aki basah berikut ini.

cara merawat aki basah

“Kalau perawatannya benar, usia aki basah itu relatif lebih panjang ketimbang aki kering. Ada yang satu setengah tahun dan bahkan ada dua tahun. Sementara aki kering biasanya hanya berusia satu tahun,” ungkap Muksin, Technical Operasional Fast Pancoran.

Cara Merawat Aki Basah

Untuk cara merawat aki basah, butuh perawatan ekstra yaitu :

  1. Anda harus memantau level cairan di dalam aki. Jika sudah berkurang, harus segera diisi lagi sesuai yang dibutuhkan.
  2. Lakukan pengecekan minimal 1 bulan sekali, jika ada sisi yang air akinya kurang, segera isi air aki.
  3. Karena aki basah penguapannya terlalu tinggi, untuk menghindari kerusakan aki tersebut, sebaiknya lakukan penambahan air aki setiap 1 bulan.

Bila air aki terlalu kering, maka akibatnya aki akan segera rusak. Namun, kerusakan tersebut biasanya baru terasa beberapa minggu setelah air aki habis. Bila aki sudah rusak atau mati, anda bisa mencoba panduan berikut ini.

“Kalau air aki habis, maka tinggal waktu saja untuk mengalami kerusakan. Bisa seminggu satu mungkin sebulan. Meski lama, tapi aki sudah pasti akan rusak”

Cara Merawat Aki Kering

Untuk perawatan aki kering sebenarnya cukup mudah dengan melakukan pengecekan standart, yaitu :

  1. Cek kondisi terminal aki (kutub + dan kutub -) untuk memastikan agar tetap bersih dan tidak ada butiran putih.
  2. Jika kotor dan ada serbuk atau butiran putih, lakukan oembersihan dengan cara disiram air panas saja. (Yang disiram hanya kutub akinya saja ya, bukan seluruh body aki)
  3. Jangan lupa, sebelum dipasang, keringkan dahulu bekas siraman air panas tadi.

Dan yang paling penting bisa membuat aki motor awet dan tahan lama yaitu

Pada saat awal menghidupkan motor di pagi hari, usahakan jangan pakai starter, tetapi nyalakan motor manual dengan kick starter atau diengkol.

Dengan ini bisa memperpanjang usia aki motor anda.

Tetapi perlu diperhatikan lagi, semua barang kan ada masa usia pakai. Untuk aki juga seperti itu, rata-rata usia masa pakai aki kering sampai 2 tahunan dan untuk akih basah bisa lebih dari itu. Tetapi akan tetap saja, jika sudah mencapai usia masa pakai, aki akan tetap rusak.

3 thoughts on “Cara Merawat Aki Basah dan Kering Agar Awet Tahan Lama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *